BERAKHLAK MULIA, DISIPLIN, TERAMPIL, UNGGUL DALAM PRESTASI, DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN
Indikator Visi:
BERAKHLAK MULIA :
Menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
Membudayakan sikap sopan santun dan hormat kepada orang lain baik dalam bentuk perkataan, perbuatan dan sikap.
Melaksanakan tugas dan kewajiban yang diberikan dengan tanggung jawab dan penuh kesadaran.
Membudayakan kejujuran dalam perkatan dan perbuatan.
Menjaga kebersihan dan kesadaran untuk budaya bersih.
Menjalin hubungan sosial dengan orang lain secara baik.
Membudayakan 3 S (Senyum, Salam, Sapa).
DISIPLIN :
Mentaati tata tertib sekolah.
Melaksanakan Upacara Bendera dengan tertib dan khidmat.
Memenuhi segala kewajiban dan mendapatkan hak-haknya.
Menjalankan tugas sesuai dengan tanggung jawab masing-masing.
Membudayakan tertib waktu.
TERAMPIL :
Memiliki keterampilan hidup (life skill) berbasis kewirausahaan dan seni budaya.
Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Menggunakan tehnologi IT dengan terampil.
UNGGUL DALAM PRESTASI :
Menghasilkan lulusan yang kompeten.
Mampu bersaing lomba di tingkat provinsi dan nasional dalam bidang akademik dan non akademik.
Meningkatkan jumlah siswa yang melanjutkan ke perguruan tinggi.
Meningkatkan jumlah siswa diterima melalui jalur undangan dan kedinasan.
BERBUDAYA LINGKUNGAN :
Membiasakan hidup bersih.
Melaksanakan pengelolaan sampah.
Menciptakan lingkungan sekolah yang hijau, bersih, dan sehat.
Membudayakan hemat energi dan hemat air di lingkungan sekolah.
Menerapkan manajemen pendidikan berbasis lingkungan hidup dengan melibatkan seluruh komponen warga sekolah, masyarakat, dan orang tua peserta didik.
MISI
Membentuk peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Meningkatkan disiplin peserta didik, guru dan karyawan.
Mengembangkan karakter peserta didik untuk cinta tanah air.
Meningkatkan pembelajaran yang dapat mengembangkan peserta didik yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan tehnologi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informatika.
Mengembangkan rasa solidaritas dan toleransi peserta didik melalui kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.
Mengembangkan sikap kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif melalui intrakurikuler dan projek Profil Pelajar Pancasila.
Membentuk peserta didik yang mampu mengembangkan potensi daerah.
Membudayakan literasi melalui intrakurikuler dan projek Profil Pelajar Pancasila.
Mengoptimalkan proses pembelajaran efektif.
Mengoptimalkan fungsi perpustakaan dan laboratorium.
Membudayakan warga sekolah untuk peduli lingkungan yang bersih, sehat, hijau, aman, nyaman dan indah.
Membudayakan hemat energi dan hemat air di lingkungan sekolah.
Menerapkan manajemen pendidikan berbasis lingkungan hidup dengan melibatkan seluruh komponen warga sekolah, masyarakat, dan orang tua peserta didik.